Memperbaiki Boot Part 2


Hello netter, memenuhi janji saya pada postingan sebelum ini tentang Memperbaiki Boot Part 1Kali ini saya akan memberi sedikit cara untuk mengembalikan grub (boot linux). Tidak usah panjang lebar, siapkan Linux live CD/USB (bisa memakai semua distro linux).

Setelah selesai menyiapkan linux live CD/USB masuklah ke desktop linux live anda. Setelah masuk buka terminal anda.

  1. Ketik sudo -s untuk masuk superuser, karena langkah-langkah yang akan kita lakukan membutuhkan akses superuser.
  2. Ketik fdisk -l untuk melihat partisi mana keberadaan linux kita. Pada desktop saya linuxnya berada di /dev/sda9. Mungkin punya agan-agan berbeda, entah sda7, sda8, dst.
  3. Setelah mengetahui letak partisi linux kita, ketik mount /dev/sdaX /mnt. Untuk X ini tergantung partisi anda. kalau saya mount /dev/sda9 /mnt.
  4. Setelah partisi linux kita mount, ketik perintah ini grub-install —root-directory=/mnt/ /dev/sda.
  5. Jangan lupa setelah selesai menginstal grub lakukan update grub dengan cara update-grub.
  6. dan coba restart komputer/laptop anda. 😀

Sudah kembali lagi deh dualboot kita dengan sempoa, eh sempurna.. hehhhehe…

Terus nasib Hackintoshnya gimana?

Sementara saya menyerah dulu, kapan-kapan saya coba install lagi. 😀

Selamat mencoba.

*) Catatan: Semua perintah diatas membutuhkan akses superuser, hal ini bisa dilihat dari tanda pada terminal kita, yaitu $ (non superuser) | # (superuser/root) .

3 thoughts on “Memperbaiki Boot Part 2

Ejekan:

