Memperbaiki Boot Part 1


Error : unknown filesystem
grub rescue>

Ketika kita menghidupkan PC/Laptop alangkah terkejutnya jika kita melihat pemandangan yang cuma berlayar hitam dan bertuliskan Error: Unknown filesystem… tentu hal ini sangat menjengkelkan dan membuat frustasi bagi yang belum mengetahui cara memperbaiki. Hal inilah yang saya alami ketika saya mencoba-coba install triple boot Windows | Linux | Hackintosh” belum selesai install Hackintosh mendadak laptop hang dan kemudian restart dan walhasil layar hitam yang menyambut dan seketika membuat saya frustasi dan hampir install ulang, meskipun demikian saya massih bisa berfikir panjang dan berlogika Masak cuma masalah booting error install ulang, kayak noob aja. Padahal udah masuk dunia komputer udah lama”. Beranjak dari fikiran saya tersebut saya mulai mencari solusi, tanpa sengaja saya teringat tutorial lama yang tentang “Operating System not found”, mulailah membongkar file lama yang terselip diharddisk saya dengan bantuan Linux Mint Live USB, dan ternyata bisa manjur 😀 dan Windows saya sudah kembali. Untuk tutorialnya silahkan dipantau dibawah ini:

  1. Buatlah Windows 7 Live USB/Live CD.
  2. Booting dengan memilih USB, dan tunggu sampai dialog windows muncul.
  3. Setelah itu klik tombol next.
  4. Kemudian muncul dialog lagi dan klik repaire blablabla dan next sampai muncul dialog window pilihan.
  5. Pilih mode command prompt
  6. Setelah masuk mode cmd ketik C:
  7. Ketik lagi cd boot
  8. Setelah itu ketik lagi dengan perintah: bootrec /FixMbr <enter>
    bootrec /FixBoot
    bootrec /RebuildBcd <enter>
  9. Setelah selesai restart PC/Laptop anda.

Jreng-jreng… Windows sudah berjalan lagi dengan normal dan untuk menginstal windows jadi diurungkan.

*) Ada salah satu komentator kritis bertanya: “Yang linux kemana? kok cuma windows doang yang balik…!”

Pertanyaan yg cerdas, karena ini sangat mendesak ngerjain tugas. Jadi saya selamatkan dulu yang windows. Sebenarnya bisa mengembalikan dua sekaligus, itu nanti kita bahas di-part 2. See You…

 

2 thoughts on “Memperbaiki Boot Part 1

Ejekan:

