[Review] Ubuntu 12.04 + New Feature


Ubuntu 12.04 LTS final dengan kode Precise Pangolin akhirnya rilis pada tanggal 26 april kemarin. Jadi walau sedikit telat, hari ini saya akan sedikit berbagi tentang apa saja yang baru di ubuntu 12.04 LTS ini.

Waktu menginstall ubuntu 12.04 LTS tidak ada perbedaan berarti pada tampilan installernya karena masih menggunakan ubiquity installer, jadi bagi anda yang pernah menginstall ubuntu versi sebelumnya tidak akan merasa kebingungan waktu menginstallnya.

Perbaikan dan penambahan fitur pada unity
pada ubuntu 12.04 LTS performa unity ditingkatkan sehingga menjadi lebih enteng dan stabil. Warna background ubuntu dash dan background notification pun sekarang menyesuaikan dengan warna dominan pada wallpaper anda.

Dan fitur baru lainnya pada unity adalah ditambahkannya lens baru pada dash ubuntu yaitu video lens yang memungkinkan anda pengguna ubuntu untuk mencari video di YouTube, Vimeo, Bing Video, local disk, dll hanya melalui dash ubuntu di dekstop anda.

Head-Up Display atau HUD
Salah satu fitur baru yang menarik dari ubuntu 12.04 LTS ini adalah fitur HUD. HUD adalah kombinasi antara search box dengan aplikasi. Adapun fungsinya mencari fungsi pada suatu aplikasi hanya dengan menekan tombol [/b]Alt[/b]. contoh misalnya saya ingin mencari fungsi bookmark pada Mozilla Firefox, saya tinggal menekan tombol Alt lalu mengisi search box dengan kata bookmark.

Privacy control terbaru
Dash ubuntu yang baru dan HUD menggunakan Zeitgiest Engine. Zeitgeist pada dasarnya adalah log global yang mencatat hampir setiap tindakan dalam desktop. Dan hal ini membuat para komunitas pengembang ubuntu khawatir kalau-kalau Zeitgiest Engine ini dimanfaat hacker untuk memata-matai pengguna ubuntu. Untuk itu dibuat lah fitur sejenis privacy manager agar hal tersebut tidak terjadi. Dengan fitur baru ini pengguna dibebas untuk mengontrol semua log activity dari semua aplikasi sehingga membuat kita merasa aman untuk menggunakan ubuntu 12.04 LTS.

Perubahan default apps
Ubuntu kembali menggunakan Rhythmbox sebagai pemutar musik defaultnya setelah sempat digantikan oleh Banshee pada ubuntu 11.10. selain itu ubuntu menghapus Tomboy Note sebagai aplikasi defaultnya. untuk aplikasi office ubuntu mengupdate LibreOffice ke versi 3.5.2. dan terakhir adalah dimasukkannya Remmina sebagai aplikasi remote dekstop defaultnya. dan untuk aplikasi yang lain masih seperti ubuntu yang terdahulu, tidak ada perubahan.

Download:

http://www.ubuntu.com/download/desktop

Tutor:

http://www.ubuntu.com/tour/en/

Sumber:

http://www.cangkal.info

Iklan

One thought on “[Review] Ubuntu 12.04 + New Feature

Ejekan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s