Migrasi ke LibreOffice


Mungkin bagi yang suda manja dengan OS Windows, pastinya sungkan untuk pindah ke software yang berbasis Open Source (Linux -red). Alangkah baiknya jika kita tidak terlalu tergantung dengan OS tersebut meskipun sangat sulit. Ya, sedikit-sedikit dimulai lah…!!!

Oke, dari yang paling sederhana aja dan paling sering kita gunakan, yaitu aplikasi perkantoran atau yang biasa disebut Office. Untuk memulai sebuah gebrakan pindah ke Open Source, gak harus Install ulang laptop/komputer dengan OS Distro Linux. Mulailah dengan yang kecil dahulu yaitu dengan aplikasi Libre Office. Bagi yang belum tahu apa itu Libre Office, Libre Office merupakan “versi lain” dari Open Office. Developer Libre Office merupakan Developer Open Office yang telah keluar dari Oracle dan mendirikan perusahaan sendiri yaitu Document Foundation. Kini Open Office dikembangkan oleh Oracle, dan Libre Office dikembangkan oleh mantan developer Open Office.

Libre Office merupakan aplikasi office open source yang bisa anda download dan install secara gratis. Software Office ini bisa digunakan di Windows, Macintosh (Mac OS), dan linux. Libre Office memiliki fitur yang mirip dengan microsoft office, serta memiliki 6 aplikasi document processing seperti : Libre Office Writer (alternatif Microsoft Word), Libre Office Calc (alternatif Microsoft Excel), Libre Office Impress (alternatif Microsoft Powerpoint), Libre office draw (alternatif Microsoft visio), Libre office Math (alternatif Microsoft Equation), Libre Office Base (alternatif Microsoft Access).

Fitur LibreOffice:

  1. Aplikasi office yang bisa didownload dan diinstall secara gratis.
  2. Support lebih dari 30 bahasa.
  3. LGPL Public license, sehingga anda bisa menggunakan, memodifikasi, dan menggandakannya secara gratis.
  4. Dukungan support penuh secara gratis dari komunitas free user support maupun developer support.
  5. Libre Office merupakan open source community-driven project, dimana setiap orang bisa ikut mengembangkan LibreOffice untuk bisa menjadi lebih baik.
  6. Memiliki fitur dan manfaat yang hampir sama dengan Microsoft Office.

Cara mendownload Aplikasi Office LibreOffice secara gratis:

kunjungi situs berikut ini:

http://www.libreoffice.org/download/

Untuk tutorialnya cari di google aja ya… hehheheheee… 🙂

Go Open Source

Iklan

2 thoughts on “Migrasi ke LibreOffice

Ejekan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s