UNEN-UNEN


GOLEK DALAN PADANG
A. arti yang tersurat
mencari jalan terang
golek: mencari
dalan: jalan
padhang: terang

B. arti yang tersirat
mengamalkan kebaikan untuk sesama hidup

C. nilai yang terkandung
ungkapan ini mengan dung nilai positif, yang intinya ialah menasihatkan agar kita bersikap bersedia mengamalkan perbuatan baik untuk kepantingan hidup bersama. berbuat baikunutk orang lain bukan untuk mnrcri pujian, bukan mengharapakan sanjungan. melainkan dijalankan dengan tulus ikhlas, tanpa pamrih. membina dan menggalang kerukunan, bersedia menolong orang lain yang memerlukan pertolongn dan sebagainya, merupakan perbuatn yang dapat dikelompokkan kedalam ugnkapan golek dalan padhang.

D. latar belakang masalah / falsafah
dasar pemikiran orang jawa mengungkapkan bahwa padhang atau pepadhang [terang atau hal terang, sumber terang] itu memudahkan segala-galanya. segala keruwetan dapat diuraikan bila ada yang menerang. itulah sebabnya, maka setiap orang mencari terang, mencari hal yang dapat menerangi.
orang yang sedang sedih mencari penghibur, dengan ungkapan golek pedhanging ati [mencari terang untuk hati]. orang yang sedang menghadapi masalah yang sangat rumit dan sukar diselesaikan, mengharapkan bantuan orang lain yang dinilai dapat memecahkan atau menyelesaikan masalahnya. maka dia dikatakan golek pepadhang [mencari penerang, mencari sarana untuk menjadikan terang].
yang dimaksud dalan padhang ialah segala sarana untuk memudahkan atau melancarkan terlaksananya setiap maksud. didalam hidup bermasyarakat, semua amal perbuatan yang baik disamakan dengan dalan padhang. dengan menanamkan amal baik maka orang akan dapat memperoleh kemudahan dalam segala hal.
norma2 hidup yang dianggap tinggi nialainya, misalnya sikap rukun damai, berbuat baik kepada sesama, tidak pernah melukai hati orang lain, sikap andhap asor[rendah diri], kesemuanya itu merupakan dalan padhang.
bagi masyarakat jawa, pemikiran tentang hidup dan kehidupan bukan hanya terbatas kepada hidu dan kehidupan dialam fana. bukan hanya terbatas pada hidup dan kehidupan dunia, melainkan lebih jauh lagi, sampai menjangkau ke pemikiran tentang hidup dan kehidupan daialam baka, yakni akhirat. dalan padhang yang dirintis pada waktu hidup didunia fana, akan membuka kemudahan didalam menempuh hidup dialam baka, yaitu akhirat.
dasar pemikiran yang demikianinilah yang melatar belakangi timbulnya ungkapan golek dalan padhang. golek dalan padhang dapat diartikan merintis jalan terang didalam kehidupan akhirat.

E. pengaruh didalam kehidupan masyarakat

ungkapan ini berpengaruh besar didalam kehidupan masyarakat. dengan adanya ungkapan ini, maka setiap anggotamasyarakat memilikipegangan dasar atau norma untuk mengatur tingkah lakunya selama hidup bermasyarakat. orang yang didalam masyarakat tidak mau rukun dengan tetangganya, tidak pernah mau bekerja sama denagn sesamanya, orang yang sikap dan tindakannya selalu menimbulkan kerugian atau kesusahan orang lain, maka para tetangganya mengatakan: “ora golek dalan padhang” [tidak mau mencari jalan terang]

F. kedudukan didalam kehidupan masyarakat dewasa ini
ungkapan ini sampai sekarang masih tetap dihargai dan dijunjung tinggi oleh masyarakat penduduknya.

G. ungkapan lain yang ada hubungannya
ngelingana tembe mburine. [ingatlah kelak kemudian hari].

Iklan

Ejekan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s