INGIN SUKSES BELAJAR?


ANDA INGIN SUKSES BELAJAR?
IKUTI RESEP KAMI


“Aku pasti bisa”! kata–kata itu harus kalian resapi dan tanamkan salam benak kalian saat akan mempelajari suatu pelajaran. Sebagai contoh Biologi itu mudah, Biologi itu menarik atau kata–kata yang bisa memberi semangat dalam belajar. Jika kalian ingin mempelajari suatu pelajaran dengan mudah, belajarlah dengan rasa penuh percaya diri diiringi dengn tekad dan keyakinan yang kuat untuk mengusai suatu pelajaran. Selain itu, ada beberapa resep yang dapat membantu kalian dalam mempelajari-nya, misalnya saja Biologi.

1.Mengaitkan Materi Dengan Gambar
Memahami materi dengan mengaitkan dengan gambar-gambar yang mendukung materi tersebut. Selain itu, diulang kembali dengan cara hanya melihat gambar kemudian mengingat kembali materi yang berkaitan dengan gambar tersebut. Pada prinsipnya mengingat materi melalui gambar lebih mudah dari pada mengingat materi dalam bentuk kalimat.

2.Membuat Diagram
Setelah membaca materi yang cara penyampaiannya menglir mulai dari gambar yang besar ke yang kecil atau sebaliknya. Sebaiknya dibuat diagram. Contoh: Organisme tersusun atas sistem organ. Sistem organ tersusun atas organ. Organ tersusun atas jaringan. Jaringan yersusun atas sel. Materi itu dapat diringkas dengan diagram. Menjadi: Sel=>Jaringan=>Organ=>Sistem Organ=>Organisme. Selain tiu, materi yang berkatan dengan klasifikasi dan silsilah, serta materi yang mempunyai bagian-bagian yang lebih kecil, sebaiknya diringkas juga dalam bentuk diagram. Hanya dengan melihat diagram, kalian dapat mengingat kembali materi-materi yang kalian pelajari.

3.Membuat Tabel
Untuk materi yang mempunyai rincian yang sangat banyak, setelah membaca sebaiknya ringkaslah dalam bentuk tabel. Contoh: materi ytang berkaitan dengan Vitamin. Dalam tabel tersebut berisi nama-nama vitamin, sumber vitamin, manfaat vitamin, dan akibatnya jika kekurangan vitamin tersebut.

4.Membuat Perbandingan
Setelah membaca materi-materi yang mempunyai ciri, sifat, fungsi, atau bentuk yang sama atau berbeda, sebaiknya dibuat perbandingan, dapat dalam bentuk tabel atau yang lainnya. Contoh: memandingkan ciri antara Pembuluh Nadi (Arteri) dan Pembuluh Balik (Vena).

5.Membuat Kamus Kecil
Setelah membaca materi, istilah asing beserta pengertiannya sebaiknya dikumpulkan dalam buku kecil atau buku saku yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat dibaca kembali setiap saat.

6.Mengaitkan Dengan Kehidupan Sehari–hari
Untuk materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau lingkungan sekitar, sebaiknya kalian mengaitkan dengan kehidupan nyata yang kalian alami atau kalian lihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh: didalam mulut terjadi pencernaan kimiawi, yaitu zat tepung dalam makanan akan diubah menjadi gula oleh enzim platin yang terdapat dalam air ludah. Untuk memehami ini kalian dapat mengaitkan dengan pengalaman kalian, yaitu jika nasi atau roti dikunyah, beberapa saat akan terasa manis.

7.Membuat Jembatan Keledai
Setelah membaca materi yang berupa rincian, khususnya istilah asing, sebaiknya dibuat jembatan keledai sebaiknya berupa kalimat atau kata-kata yang lucu, aneh, atau berkaitan dengan hal-hal yang menarik. Contoh: Vertebrata dikelompokkan menjadi 5 kelas, yaitu: Pisces, Amphibia, Reptila, Aves, dan Mamalia. Kelas-kelas hewan-hewan itudapat dibuat jembatan keledai, misalnya menjadi: “Pisang Ambon Rebus Agak Manis”.

8.Membuat Ringkasan Dalam Buku Saku
Gambar, Diagram, Tabel dan Ringkasan lainnya sebaiknya dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk buku kecil atau kertas dilipat-lipat yang dapat dimasukkan dalam saku. Setiap ada kesempatan dimanapun kalian berada, buku saku tersebut dapat dibuka dan dibaca kembali lagi.

Semoga sedikit resep-resep diatas, berguna bagi pembaca. Satu lagi kalau ada kesalahan dalam penulisan atau resep-resep yang kami buat, kami mohon maaf. Tidak ketinggalan lagi kritik dan saran selalu terbuka lebar, karena kami adalah hamba Allah yang penuh dengan kesalahan, lupa, dan faqir akan ilmu.

Iklan

One thought on “INGIN SUKSES BELAJAR?

Ejekan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s