DARI MANA SPYWARE BERASAL?


Ini kisah suatu program kecil yang menyelinap ke-komputer anda, mencuri informasi pribadi anda, lalu mengirimnya ke-Online Marketer atau Hacker – hal ini tanpa sepengetahuan anda !
Spyware adalah program software yang ter-Download tanpa disadari dari internet ke komputer. Ia di-Bundel dengan program yang sepertinya tidak merusak, seperti Freegame atau program lain yang seolah-olah berguna (biasanya disebut “Freeware” atau “Shareware”). Spyware juga menggunakan trik-trik lain agar dapat masuk ke dalam komputer anda, yang nanti akan dijelaskan.

Karena Spyware beroperasi seperti siluman, anda tidak menyadari bahwa program jahat ini ter-Download dan ter-Install di komputer anda. Spyware mencari informasi pribadi – seperti alamat E-mail, rumah, nomor telepon, Password, dan kartu kredit – yang diam – diam dikirim kembali ke-advertiser dan marketing executive via internet.
1.Saat Surfing di internet dan mengunjungi Website, terkadang anda akan menjumpai pesan menggoda yang mengundang anda untuk men-Download “Freegame” atau Software gratis (disebut “Freeware” atau “Shareware”) pesan – pesan ini membujuk anda untuk menge-Klik tombol “OK” atau suatu Link disuatu webpage untuk mendapatkan hadiah (uang). Pesan-pesan itu muncul di-Website atau diblok popup terpisah.
2.Persoalan dimulai saat anda menge-Klik pada link website atau tombol “OK” untuk mendapatkan Software gratis atau mendapatkan rincian tentang hadiah. Dari situlah Spyware mulai men-download ke komputer anda di-Background, dan meng-Install sendiri.
3.Begitu program ter-Install, ia dapat men-Scan Harddisk dan mencari informasi pribadi, ia dapat pula memantau aktivitas surfing anda dan merekam tombol-tombol yang dipencet saat password dan ID diketik. Semua itu berlangsung tanpa sepengetahuan anda.
4.Selagi ia men-Download, Spyware memanfaatkan resource komputer, seperti Memory, internet Bandwith,dan Harddisk Space. Jadi ia cenderung memperlambat atau mengganggu kegiatan anda di komputer. Akibatnya komputer dan Netsurfing anda terlihat melambat dengan jelas, dan aplikasi-aplikasi jadi lama untuk dibuka program atau OS (Windows) bahkan dapat Crash, atau Freeze tanpa diduga.
5.Begitu data pribadi anda terkumpul dalam satu file, ia dikirim kembali ke-website yang dimiliki oleh paro On-line maketer, dan disimpan di-database yang di Attach ke Website tersebut.
6.Para Marketer atau Advertiser lalu memeriksa database dan menghubungi anda (biasanya via E-mail) dan memberi tahu anda tentang produk baru atau penawaran-penawaran. Mereka juga menjual informasi ini ke-marketer dan Adertiser lain.
7.Bila Hacker menggunakan Spyware untuk mengumpulkan data pribadi anda, ia dapat menggunakan ID dan Password anda untuk login ke rekening bank anda dan mentransfer dana ke rekeningnya. Dia juga dapat menggunakan kartu kredit anda untuk berbelanja secara On-line.

Bagaimanakh cara menemukan spyware dan menghilangkannya?
Ada program khusus yang disebut anti Spyware, yang men-Scan harddisk dari Spyware kemudian menghilangkannya sesuai perintah anda. beberapa program seperti: Spybot dan Microsoft Antispyware adalah gratis. Jadi anda dapat mempertimbangkan untuk segera men-Download dan meng-Installnya.

Berikut daftar-daftar program anti Spyware.
http://www.lavasoftusa.com/software/adaware/
http://www.microsoft.com/downloads
http://www.safer-networking.org/
http://www.sunbeltsoftware.com/
http://www.webroot.com/

Iklan

Ejekan:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s